Bahaya Makan Sayur Bayam Yang Harus Anda Ketahui

Sayur bayam sudah nggak asing lagi dilidah dan sudah barang tentu sering kita konsumsi,Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa sayur bayam memiliki kandungan zat besi yang sangat penting untuk tubuh kita dan selain itu juga mengandung nutrisi yang juga sangat dibutuhkan tubuh kita yaitu ada vitamin A dan K,magnisium,mangan,protein,folat dan serat serta kalsium.



Inilah manfaat dari sayur bayam ;

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi
  3. Melawan sel kanker
  4. Mencegah anemia
  5. Mencegah diabetes
  6. Mencegah pendarahan gusi
  7. Menambah daya ingat dan menjaga kesehatan otak
Itulah sedikit manfaat sayur bayam bagi kesehatan tubuh kita. Tapi ternyata disamping manfaat yang banyak sayur bayam juga memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh kita jika kita dalam menyajikannya kurang tepat yaitu kandungan zat besi (Ferro) bisa berubah menjadi ferri jika terlalu lama berinteraksi dengan oksigen. Zat ferri masih digolongkan sebagai zat besi tapi yang sangat baik untuk tubuh manusia adalah zat ferro karena zat ferri bersifat racun. Jadi jika kita menghidangkan sayur bayam agar segera dimakan dan wajib langsung habis jangan sampai lebih dari 5 jam agar kandungan zat besi tidak berubah,serta jangan sekali-kali menghangatkan/memanaskan  sayur bayam karena ini juga akan mengubah kandungan zat besinya. Dan saat penyimpanan di lemari es kita juga harus perhatikan semakin lama disimpan di lemari es maka kandungan senyawa nitri akan semakin bertambah atau meningkat. Kandungan senyawa nitrit ini jika masuk kedalam tubuh kita  menimbulkan reaksi dengan zat besi dalam sel darah merah  maka bisa mengakibatkan kita kekurangan oksigen.

Dan sebaiknya saat memasak sayur bayam jangan menggunakan panci almunium karena akan bereaksi denga zat besi dalam bayam yang akan menjadi racun. Untuk para penderita asam urat atau rematik juga jangan mengkonsumsi bayam karena akan menyebabkan asam urat kambuh dan pegal linu yang berlebih itu disebabkan kandungan zat purin dalam bayam sangat tinggi.

Itulah bahaya sayur bayam bagi tubuh,jadi kita harus hati-hati saat memasaknya dan jika sudah dihidangkan segera untuk disantap dan jangan pernah dihangatkan/dipanaskan sayur bayam agar tidak berubah menjadi racun serta jangan terlalu lama menyimpan dalam lemari es dan tidka dianjurkan memasak sayur bayam dengan panci almunium.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:25

0 komentar:

Product :

Tehnik Cepat Hamil

loading...
Hosting Unlimited Indonesia